Air Meluap, Irigasi Petani Rusak

Diposkan oleh Unknown | 6:32 AM | | 0 komentar »

Irigasi rusak karena meluapnya air yang diakibatkan turunnya hujan yang lebat disekitar wilayah Jatinangor, khususnya Wilayah Desa Cikeruh. robohnya irigasi ini terjadi sekitar pukul 14.30 WIB setelah wilayah Desa Cikeruh diguyur hujan yang lebat. Saluran irigasi ini digunakan oleh masyarakat petani di Dusun Ciawi Desa Cikeruh, dan diindikasikan bahwa irigasi tersebut tidak bisa menampung debit air yang begitu besar. irigasi yang berukuran lebar 100 cm dengan kedalaman antara 70-100 cm ini tidak bisa menampung air yang mengakibatkan sebagian saluran irigasi yang berada diwilayah RW 06 Dusun Ciawi tersebut roboh, dan diperkirakan saluran yang roboh tersebut mencapai 20-30 m2 yang terdapat di dua titik lokasi.
Saluran ini menampung air dari RW 05 Dusun Ciawi juga yang berasal dari apartement Pinewood, Jatinangor Town Square yang mana bahwa air tersebut berasal dari beberapa perguruan tinggi yang ada di Jatinangor seperti kampus UNPAD, dan juga kampus ITB Jatinangor (Red : Bekas Kampus Unwim Jatinangor), dan memang beberapa masyarakat yang berada dilokasi rubuhnya saluaran air tersebut menyatakan tudingan bahwa yang menyebabkan banjir adalah air yang berasal dari Jatos dan Pinewood Apartement, tetapi kalau ditelusuri bahwa air tersebut berasal dari beberapa kampus yang berada disebelah utara Jatos dan Pinewood. Air mengalir tidak kke saluran drainase tetapi air meluber ke Jalan protokol Jatinangor, dan juga bahwa disepanjang jalan Jatinangor juga tidak ada saluran drainase terutama disekitaran pangkalan Damri dan hal ini merupakan akibat dari dibangunnya jalan baru dari Kampus Ikopin ke Kampus Unpad. Sehingga air yang mengalir tersebut tidak langsung menyerap atau mengalir ke drainase tetapi langsung menu Jatos karena memang posisi jatos yang berada dibawah dan juga kontur lokasi Jatos yang menurun sehingga air tersebut masuk ke Jatos lalu masuk ke saluran air Jatos yang mengalir ke saluran Irigasi Dusun Ciawi tersebut.
Melihat hal tersebut kita tidak bisa menyalahkan salah satu institusi atau lembaga saja, tetapi memang bahwa permasalahan ini merupakan tanggung jawab bersama yang harus dicarikan solusinya, dimana beberapa lembaga yang ada di Desa Cikeruh khususnya bersama-sama dengan masyarakat harus bisa mencari solusi untuk menanggani permasalahan ini. Dan walaupun kekhawatiran masyarakat selama ini khususnya warga RW 06 Dusun Ciawi akan terjadi kejadian seperti ini dan memberikan tudingan karena dibangunnya apartement pinewood dan Jatos sehingga debit air akan bertambah, tetapi walaupun seperti itu kita harus bisa secara bersama-sama duduk bersama antara pihak perusahaan, lembaga pendidikan, pemerintah Desa, Kecamatan dan masyarakat mencari jalan terbaik untuk penyelesaian masalah ini dan jangan sampai berlarut-larut sehingga tidak ada yang dirugikan baik dari masyarakat maupun dari perusahaan yang berada di Desa Cikeruh.

Dan masyarakat bersama-sama Pemerintah Desa Cikeruh berharap bahwa dalam kejadian ini harus ada yang bisa memfasilitasi menyelesaikan hal ini.


0 komentar

Mungkin Anda Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...