BAB II : SISTEM JARINGAN KOMPUTER

Diposkan oleh Unknown | 4:45 AM | | 0 komentar »


BAB II
Standar Kompetensi :
Memahami Dasar-dasar penggunaan internet/intranet
Kompetensi Dasar :
Memahami dasar-dasar sistem jaringan internet/intranet

A.      Pengertian Jaringan
                Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
Akses informasi: contohnya web browsing
                Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan computer.
                 Jaringan computer adalah sebuah kumpulan computer, printer, dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Informasi dan data bergerak melalui kabel-kabel ataupun tanpa kabel sehingga memungkinkan pengguna jaringan dapat saling bertukar dokumen, dan data, mencetak pada printer yang sama, dan bersama-sama menggunakan hardware/software  yang terhubung dalam jaringan.
                Sebagai bahan kajian, secara umum jaringan computer dibagi atas lima jenis, yaitu sebagai berikut :
1.       Local Area Network (LAN)
Diagram Jaringan LAN
 
adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
·      Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
·      Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
·      Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
·      Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

2.       Metropolitan Area Network
Suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

3.       Wide Area Network (WAN)
WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

4.       Internet
Internet adalah sebuah media informasi tanpa batas yang popular dengan sebutan cyberspace atau dunia maya (virtual World). Seperti halnya dunia nyata (ada hitam-putihnya), di dunia maya juga ada hal postif dan negatifnya. Internet merupakan kependekan dari Interconnection Networking, yakni sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan computer-komputer dan jaringan-jaringan computer di seluruh dunia. Setiap computer dan jaringan terhubung baik secara langsung maupun tidak langsung ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP (IP Address : Internet protocol address).

5.       Jaringan Tanpa Kabel (Wireless)  
                Jaringan tanpa kabel merupakan suatu jalan keluar thd komunikasi yang tdk bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan menggunakan kabel.
                Sebagai perangkat teknologi yang bisa diandalkan, jaringan memiliki manfaat sebagai berikut :
a.       Resources sharing (berbagi sumber)
b.      Reliabilitas (tingkat kepercayaan/kehandalan) tinggi.
c.       Menghemat uang.

B.       Konsep Dasar Jaringan
Konsep jaringan computer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan computer model I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin professor H.Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat computer yang harus dipakai bersama.  Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa membuang banyak waktu kosong, dibuatlah proses beruntun (batch processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah computer dengan kaidah antrian.
Pada tahun 1950-an ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time sharing System), maka untuk pertama kalinya bentuk jaringan (network) computer diaplikasikan. Pada sistem TSS, beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host computer. Dalam proses TSS mulai tampak perpaduan teknologi computer dan teknologi komunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.
Pada tahun 1970-an digunakan konsep proses distribusi (distributed processing), dalam proses ini beberapa host computer mengerjakan sebuah pekerjaan besar secara pararel untuk melayani beberapa terminal yang terhubung secara seri di setiap host computer.
Selanjutnya ketika harga-harga computer kecil sudah mulai menurun, dan konsep proses distribusi sudah matang, maka penggunaan computer dan jaringannya sudah mulai beragam dari mulai menangani proses bersama sampai dengan komunikasi antar computer (peer to peer system) saja tanpa melalui computer pusat. Untuk itu, mulailah berkembang teknologi jaringan lokal yang dikenal dengan sebutan LAN.  Demikian pula ketika internet mulai diperkenalkan, maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan terbentuklah jaringan raksasa WAN.
Jaringan computer merupakan sekelompok computer otonom yang saling dihubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga dapat berbagi pakai secara bersama-sama sumber daya yang dimiliki oleh masing-masing computer, sumberdaya ini antara lain :
§  Data dan informasi
§  Program dan aplikasi;serta
§  Perangkat keras seperti drive dan lain-lain  

C.       Topologi Jaringan
Topologi Jaringan merupakan pola tertentu yang digunakan untuk menghubungkan computer satu dengan yang lainnya. Topologi jaringan ini terdiri dari topologi fisik dan logic. Topologi fisik terdiri atas topologi BUS, Topologi Star, dan Topologi Ring. Topologi logic terdiri atas Ethernet, Token Ring, ARCNet dan FDDI.
1.       Topologi Bus atau Daisy Chain
                Pada topologi Bus, kedua unjung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Barel connector dapat digunakan untuk memperluasnya. Jaringan hanya terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang ingin terhubung ke jaringan dapat mengkaitkan dirinya dengan mentap Ethernetnya sepanjang kabel. Linear Bus: Layout ini termasuk layout yang umum. Satu kabel utama menghubungkan tiap simpul, ke saluran tunggal komputer yang mengaksesnya ujung dengan ujung. Masing-masing simpul dihubungkan ke dua simpul lainnya, kecuali mesin di salah satu ujung kabel, yang masing-masing hanya terhubung ke satu simpul lainnya. Topologi ini seringkali dijumpai pada sistem client/server, dimana salah satu mesin pada jaringan tersebut difungsikan sebagai File Server, yang berarti bahwa mesin tersebut dikhususkan hanya untuk pendistribusian data dan biasanya tidak digunakan untuk pemrosesan informasi. Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas 5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya tabrakan data karena mekanisme jaringan relatif sederhana dan jika salah satu node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik seluruh jaringan.
                Gambar: Letak Sambungan Node pada Topologi BusKeunggulan topologi Bus adalah pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain. Kelemahan dari topologi ini adalah bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
                Topologi linear bus merupakan topologi yang banyak dipergunakan pada masa penggunaan kabel Coaxial menjamur. Dengan menggunakan T-Connector (dengan terminator 50ohm pada ujung network), maka komputer atau perangkat jaringan lainnya bisa dengan mudah dihubungkan satu sama lain. Kesulitan utama dari penggunaan kabel coaxial adalah sulit untuk mengukur apakah kabel coaxial yang dipergunakan benar-benar matching atau tidak. Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC (network interface card) yang dipergunakan dan kinerja jaringan menjadi terhambat, tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada jaringan dengan basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star untuk menghubungkan dengan client atau node).

2.       Topologi Token Ring(Cincin)
                Topologi Cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.
3.       Topologi Star
                Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
Kelebihan
Ø Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
Ø Tingkat keamanan termasuk tinggi.
Ø Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
Ø Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah
Kekurangan
Ø Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.
Ø Penanganan
Ø Perlunya disiapkan node tengah cadangan.

4.       Topologi Tree
Topologi ini merupakan perpaduan antara topologi bus dan star, yaitu terdiri atas kelompok-kelompok dari workstation konfigurasi star yang terkoneksi ke kabel utama yang menggunakan topologi bus. Topologi tree memungkinkan untuk pengembangan jaringan yang telah ada. Disamping itu, teknologi ini juga memungkinkan sebuah perusahaan mengkonfigurasi jaringan sesuai dengan kebutuhannya.

5.       Topologi Peer to Peer
Peer artinya rekan sekerja. Peer to peer network adalah jaringan computer yang terdiri atas beberapa computer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Dalam sistem jaringan ini yang diutamakan ialah penggunaan program, data, dan printer secara bersama-sama. Misalnya seorang pemakai computer bernama ojan dapat memakai program yang dipasang pada computer yang dipakai oleh kiwil dan mereka berdua dapat mencetak ke printer yang sama pada saat yang bersamaan.
Sistem jaringan ini juga dapat dipakai dirumah. Pemakai computer kuno, misalnya AT, dan ingin membeli computer baru , katakanlah misalnya Pentium core 2 duo, tidak perlu membuang computer lamanya. Ia cukup memasang network card di kedua komputernya, kemudian dihubungkan dengan kabel yang khusus digunakan untuk sistem jaringan. Dibandingkan dengan ketiga cara diatas, sistem jaringan ini lebih sederhana sehingga lebih mudah dipelajari dan dipakai.

D.      Koneksi Jaringan Ke Internet
Persiapan awal dalam penyambungan jaringan lokal ke Internet yaitu :
§  Saluran komunikasi, misalnya ISDN (64Kbps), wave line (2Mbps) atau Dial-up connection (+ 40 Kbps), atau saluran lainnya seperti wifi, broadband,jaringan telepon Seluler GSM dan CDMA maupun menggunakan satelit.
§  ISP (Internet Server Provider), untuk akses yang memadai disarankan memilih ISP yang memiliki bandwidth terbesar, dan memiliki dua account dari ISP yang berbeda, dengan maksud untuk backup(cadangan) ISP.

Ciri-ciri jaringan computer meliputi :
1.       Berbagi perangkat keras (hardware);
2.       Berbagi perangkat lunak (software);
3.       Berbagi saluran komunikasi (internet);
4.       Berbagi data dengan mudah;dan
5.       Memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan.









E.       PEMAHAMAN MATERI DAN PENGUJIAN KOMPETENSI
1.     Jelaskan dengan bahasa kamu pengertian dan definisi jaringan (network)?
2.     Jelaskan asal mula konsep jaringan yang kini dikenal dengan istilah LAN (Local area network)?
3.     Manfaat apa saja yang dapat diambil dari pengembangan jaringan?
4.     Perbedaan apa yang menyebabkan timbulnya istilah LAN,MAN, dan WAN?
5.     Apa yang dimaksud topologi dalam jaringan computer?
6.     Mengapa muncul peristilahan topologi daisy chain, token ring, star, dan tree jelaskan?
7.     Apa yang dimaksud dengan topologi peer to peer network?apa keuntungan sistem jaringan ini?


0 komentar

Mungkin Anda Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...