Orangtua  merupakan lingkungan pertama bagi anak dalam tumbuh dan berkembang. Pengaruh yang sangat besar akan diberikan bagi mereka pada perkembangan bakat serta kemampuan mengekpresikan diri.
"Keluarga yang mendukung dan memberikan kesempatan pada anak untuk melakukan eksplorasi, dapat membantu anak lebih percaya diri," kata Psikolog Anak, Prita Pratiwi saat Press Conference Bebestar 2 yang bertempat di Gandaria City, Jakarta.di Jakarta, Sabtu (16/11/2013).
Dukungan dalam anak bereksplorasi akan membuat anak. lebih berani dalam menampilkan dan menempatkan diri dalam situasi baru. "Bahkan di lingkungan yang baru saja dikenalnya," katanya.
Dikatakannya dengan  memberikan stimulasi atau kesempatan menambah wawasan dan pengalaman  sejak dini, serta asupan gizi yang sesuai kebutuhan fisik.
"Anak akan sanggup tumbuh-berkembang secara optimal dan jadi bermanfaat bagi dirinya, orang lain, dan lingkungan sekitarnya," katanya.
Prita juga mengingatkan orangtua untuk membiarkan anak-anak mengekspresikan dirinya, sesuai dengan kemampuan dan keahlian yang dimiliki namun tidak menghilangkah ciri khas-nya sebagai anak.
"Tiap anak memiliki kelebihan masing-masing, yang unik dan berbeda dengan anak lainnya," katanya.

Sumber : tribunnews.com
ilustrasi : google.com


0 komentar

Mungkin Anda Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...