A. Prosedur Baku
Menghidupkan dan Mematikan Komputer
Sebelum menggunakan komputer,
terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
1. Memastikan kabel listrik sudah
terhubung dengan komputer
2' Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
2' Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
A.1 Menghidupkan Komputer
Untuk menghidupkan komputer, kamu
dapat melakukan langkah-langkah berikut:
1.
Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
2.
Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan meryal.ankan BIOS ( Basic
Input Output System ) yang terdapat pada komputer.
3.
Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer
untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem.
A.2 Mematikan Komputer
Jika sistem operasi yang digunakan
adalah Microsoft Windows maka untuk
mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1. Pilih Tombol Start pada taskbar
2. Tekan Tombol Turn Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off
compute , pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
-Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer
dalam keasaan Low-Power.
-Turn Off, Pllihan digunakan untuk mematikan komputer.
-Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan
kemudian menghidupkannya lagi.
-Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada
Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan
Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang
sedang dikerjakan ke dalam harddisk.
B. MACAM.MACAM PERANGKAT
LUNAK
Berdasarkan fungsinya, software
dibagi menjadi tujuh, yaitu :
1. Sistem Operasi
2. Program Aplikasi
3. Bahasa Pemrograman
4. Program Bantu
5. Program Paket
6. Program Permainan
7. Program Multimedia
1. SISTEM OPERASI
Sistem operasi merupakan program
utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di Kenal oleh mesin
komputer ( bahasa mesin).
Contoh Sistem Operasi :
. Produk Microsoft : Windows 3.1,
Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows Vista,
Windows NT (untuk jaringan).
. Produk Novel : Linux, Redhat,
OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
. Produk Apple : Macintosh
. Produk IBM : DOS, UNIX
2. PROGRAM APLIKASI
Program aplikasi merupakan program
yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket,
untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.
3. BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman merupakan bahasa
yang dipakai untuk membuat program komputer. Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4
yaitu :
-Low Languange Program (Bahasa
Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
-Middle Language Program (Bahasa
Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
-High Language Program (Bahasa
Pemrograman Tingkat Tinggi),Contohnya Pascal, Borland , Fotran
-4GL (Bahasa Pemrograman Tingkat ke
4), contohnya Visual Basic, Visual FOxpro
4.PROGRAM BANTU (
Utility )
Program Bantu merupakan program yang
bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan
virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya.
Contoh program bantu yang kita kenal
yaitu Anti Virus, Backup, Disk
Defragmenter, dsb.
5. PROGRAM PAKET
Program paket merupakan gabungan
dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu
bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah
Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata
(Microsoft Word), untuk mengolah angka (Microsoft Excel), Untuk Program
presentasi (Microsoft Power Point) dll.
Dilihat dari bidang pekerjaan yang
ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran,
misalnya:Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya :
oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe
Photoshop dan Corel Draw
6.PROGRAM PERMAINAN
Program permainan merupakan
program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.
Contoh program permainan yang sudah
dikenal yaitu :
a.
Solitaire, tersedia pada Accessories Windows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia
7. PROGRAM MULTIMEDIA
Program Multimedia mencakup
program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk
menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
Contoh Program multimedia yaitu :
a. Winamp, umumnya digunakan untuk
memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai
format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap
siaran radio dan TV dari Internet
Perangkat Keras Komputer (Output
Device)
A. Perangkat
Keras dan Fungsinya
Berdasarkan fungsinya, perangkat
keras komputer dibagi menjadi:
1 . input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4 Backing Storage ( unit
penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen dasar komputer terdiri dari
input, process, output dan storage. Input device terdiri dari keyboard dan
mouse. Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication,
Registers dan control section). Output device terdiri dari monitor dan printer.
Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic
tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM. Sedangkan komponen
Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum
ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya :
TV Tuner card, Modem, capture card.
1. Unit Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit
masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalahkeybbard dan mouse,
keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan
komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang
biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian
scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat
dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat
melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam
komputer.
Berdasarkan sifatnya, peralatan
input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
- Peratalan input langsung, yaitu
input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya :
keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-Peralatan input tidak langsung,
input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat
pemroses. contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit masukan atau peraratan input ini terdiri dari
beberapa macam peranti yaitu :
a. Keyboard
Keyboard dapat berfungsi
memasukkan huruf, angka, karakter, khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk
melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan
membuka file.Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada
tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International
Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts.
Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port
serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai
adalah keyboard jenis QWERTY , yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin
tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.typewriter
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama
dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut
:
. Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus
1 character di kiri cursor
. Caps Lock
Bila tombol ini ditekan,maka lampu
indikator caps lock akan menyala,hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik
akan menjadi huruf besar/kapital, bila lampu indikator caps lock mati, maka
huruf akan menjadi kecil.
. Delete
tombol ini berfungsi untuk menghapus
1 karakter pada posisi cursor
. Esc
tombol ini berfungsi untuk
membatarkan suatu perintah dari suatu menu.
. End
tombol ini berfungsi untuk
memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
. Enter
tombol ini berfungsi untuk berpindah
ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
. Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke
sudut kiri atas layar
. Insert
Tombol ini berfungsi untuk
menyisipkan character.
. Page Up
Tombol ini berfungsi untuk
meggerakan cursor I layar ke atas
. Page Down
Tombol ini berfungsi untuk
menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
. Tab
Tombol ini berfungsi untuk
memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan
keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num
lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num
lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris
paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini
berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl,
Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan
dengan tombol lainnya.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Sebagian
besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan
yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan
tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Drag
ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan
kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan
teratur disebut dengan klik ganda(double click) sedangkan menekan tombol kanan
mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
e. Joy Stick dan Games paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games)
komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle
biasanyiberbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan
tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebil vertical yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka. kode-kode ini biasanya menempel pada produk- poroduk
makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin foto
copy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu
sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain
scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi
lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan
lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar
Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri
dari iampu sensor yang disetut Optik, vang dapat mengenali jenis pensil 28.
Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau
photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition)
untuk meng-copy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
h. Kamera Digital
Kamera ini dinamakan dengan
Kamera Digjtal dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan
dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari
kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan & kepraktisan alat
ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak
memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara.
j. Graphics Pads
Teknologi Computer Aided Design
(CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan
menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk
menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil
0 komentar
Post a Comment