JARINGAN KOMPUTER
1. Apa itu Jaringan Komputer ?


JARINGAN komputer adalah sebuah kumpulan komputer, printer dan peralatan lainnya yang terhubung dalam satu kesatuan. Setiap komputer, printer atau piriferal yang terhubung dengan jaringan disebut node. Sebuah jaringan komputer dapat memiliki duu, prluhln, ribuan atau bahkan jutaan node.

2. Jenis-Jenis Jaringan Komputer
Secara umum jaringan komputer dibagi atas lima jenis, yaitu :

a. Local Area Network (LAN)
Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus.yang berukuran sampai beberapa kilometer.

b. Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN). pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum.

c. Wide Area Network (WAN)
Wide Area Network (WAN), jangkauannya mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua.

d. Internet
Sebenarnya terdapat banyak jaringan didunia ini, seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringa ,sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang ierhubung ke jaringan lainnya.Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

e. Jaringan Tanpa Kabel
Jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.

3. Topologi Jaringan Komputer
Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan. Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bis, token-ring, star dan peer-to-peer network.


A. Topologi BUS










Keuntungan.
 Hemat kabel
. Layout kabel sederhana
. Mudah dikembangkan
Kerugian
. Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil
. Kepadatan lalu lintas

.Bila salah satu client rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi
.Diperlukan repeater untuk jarak jauh

B. Topologi Token RlNG

























Kerugian

. Peka kesalahan
. Pengembangan jaringan lebih kaku

Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer,sehingga berbentuk ring (lingkaran). Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama. Jaringan akan disebut sebagai loop, data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan

Keuntungan
. Hemat Kabel

C. Topologi STAR
  
















Kontrol terpusat, semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut ke semua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server.

Keuntungan
. Paling fleksibel
. Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian jaringan lain
. Kontrol terpusat
. Kemudahan deteksi dan isolasi kesalaharVkerusakan
. Kemudahaan pengelolaan jaringan

Kerugian
. Boros kabel
. Perlu penanganan khusus
. Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis

D. Topologi Mesh
  
 

 


Di antara topologi yang lain topologi mesh memiliki hubungan yang berlebihan antara peralatan-peralatan y ang ada. Jadi susunannya, setiap peralatan yang ada didalam jaringan saling terhubung satu sama lain.
Keuntungan dari penggunaan topologi mesh:
# Keuntungan utama dari penggunaan topologi mesh adalah fault tolerance.
# Terjaminnya kapasitas channel komunikasi, karena memiliki hubungan yang berlebih.
#Relatif lebih mudah untuk dilakukan troubleshoot.
Topologi mesh mempunyai kekurangan sebagai berikut:
#Sulitnya pada saat melakukan instalasi dan melakukan konfigurasi ulang saat jumlah komputer dan peralatan-peralatan yang terhubung semakin meningkat jumlahnya.
#Biaya yang besar untuk memelihara hubungan yang berlebih.

0 komentar

Mungkin Anda Meminati

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...